Model Pembelajaran Langsung-Sekilas Pandang

MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG, SEKILAS PANDANG

DIRECT INSTRUCTION, AN OVERVIEW

 

Meskipun kamu mungkin belum pernah memikirkan tentang model pembelajaran langsung dengan cara sistematis, kamu tanpa disangsikan lagi telah sangat akrab dengan aspek-aspek yang menyertainya. Rasional dan prosedur-prosedur yang berkaitan dengan model pembelajaran ini telah digunakan oleh orang-orang tua kita saat mereka mengajarkan menyetir mobil kepada kita, menyikat gigi, memukul bola dengan backhand yang solid, menulis laporan penelitian, atau memecahkan soal-soal persamaan aljabar dalam matematika. Prinsip perilaku yang model pembelajaran ini mungkin telah digunakan untuk memperbaiki fobia kamu akan terbang dan menghentikanmu dari kebiasaan merokok. Model pembelajaran langsung lebih bersifat lurus ke depan dan dapat dikuasai dalam waktu relatif singkat. Penguasaan model pembelajaran langsung ini adalah suatu keharusan dalam repertoire seorang guru.

 

Even though you may never have thought about direct instruction in any systematic way, you are undoubtedly familiar with certain aspects of it. The rationale and procedures underlying this model were probably used by adults to teach you to drive a car, brush your teeth, hit a solid backhand, write a research paper, or solve algebraic equations. Behavioral principles on which this model rests may have been used to correct your phobia about flying or wean you from cigarettes. The direct instruction model is rather straight forward and can be mastered in a relatively short time. It is a must in all teacher repertoire.

 

Seperti halnya model-model pembelajaran yang lain, model pembelajaran langsung dapat dideskripsikan dalam tiga ciri, yaitu: (1) hasil pembelajaran yang akan dikuasai siswa dari model pembelajaran ini; (2)sintaks atau langkah-langkah keseluruhan kegiatan belajar-mengajar dan; (3) lingkungan belajar pada model pembelajaran ini.

 

As with other teaching models, direct instruction can be described in terms of three features: (1) the type of learner outcomes it produces; (2) its syntax or overall flow of instructional activities and; (3) its learning environment.

 

Secara umum model pembelajaran langsung telah didesain untuk mempromosikan siswa dalam hal mempelajari pengetahuan yang tersruktur dengan baik dan dapat diajarkan dalam suatu bentuk langkah-per-langkah. Model pembelajaran ini tidak diperuntukkan untuk mempromosikan pembelajaran sosial atau keterampilan berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi. Model pembelajaran langsung adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada guru dan mempunyai lima langkah, yaitu: mengkondisikan, penjelasan dan/atau demontrasi, latihan terbimbing, uman balik, dan latihan lanjutan yang diperluas.

 

Briefly direct instruction was designed to promote student learning of knowledge that is well structured and can be taught in a step-by-step fashion. The model is not intended to promote social learning or higher-level thinking. Direct instruction is a teacher centered model that has five steps: establish set; explanation and/or demonstration, guided practice, feedback, and extended practice.

 

Setelah melihat kilasan singkat tentang dukungan secara teoritis dan empiris terhadap model pembelajaran langsung ini, kita akan memberikan diskusi yang lebih mendetail tentang bagaiaman merencanakan model pembelajaran ini, melaksanakannya, dan mengevaluasinya.

 

After taking a brief look at the theoretical and empirical support or direct instruction, we well provide a more detailed discussion on how to plan for, conduct, and evaluate direct instruction lessons.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: