Model Pembelajaran Langsung-Dukungan Riset Tentang Keefektifan Mengajar Guru

MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG-DUKUNGAN RISET TENTANG KEEFEKTIFAN MENGAJAR GURU

DIRECT INSTRUCTION-TEACHER EFFECTIVENESS RESEARCH SUPPORT

 

Sejumlah akar-akar sejarah dan teori bergabung bersama-sama menyediakan dukungan dan rasional untuk model pembelajaran langsung. Beberapa aspek dari model pembelajaran langsung sebenarnya berasal  dari prosedur-prosedur pelatihan yang dikembangkan indutri dan militer. Barak Rosenshine dan Robert Stevens(1986), contohnya, melaporkan bahwa mreka menemukan sebuah buku yang dipublikasikan pada tahun 1945 yang berjudul Bagaimana Menginstruksi telah mengandung ide-ide yang berhubungan dengan model pembelajaran langsung. Untuk tujuan kita di sini, bagaimanapun, kita akan mendeskripsikan tiga teori tradisional yang menyediakan rasional untuk penggunaan secara kontemporer model pembelajaran langsung, yaitu: behaviorisme (teori belajar tingkah laku); teori belajar sosial, dan riset-riset tentang kefektifan guru dalam mengajar.

 

A number of historical and theoretical roots come together to provide the rationale and support for direct instruction. Some aspects of the model derive from training procedures developed in industrial and military setting. Barak Rosenshine and Robert Stevens (1986), for example reported that they found a book published in 1945 entitled How to Instruct that included many of ideas associated with direct instruction. For our puposes here, however, we will decribe three theoretical tradition that provide rationale for contemporary use of direct instruction: behaviorism, social learning theory, and teacher effectiveness research.

 

Riset Tentang Keefektifan Mengajar Guru

Dukungan empiris untuk model pembelajaran langsung datang dari berbagai lapangan. Tetapi, dukungan yang paling bagus adalah dari model-model keefektifan kelas dari penelitian keefektifan guru di kelas yang dilakukan sekitar tahun 1970an dan tahun 1980an, sebagai suatu jenis penelitian yang mempelajari hubungan antara tingkah laku guru dengan perolehan belajar siswa.

 

Teacher Effectiveness Reasearch

The empirical support for the direct instruction model comes from many fields. However, the clearest empirical support from the model’s classroom effectiveness comes from the teacher effectiveness research conducted mainly in the 1970s and 1980s, a type of research that studied the realtionships between teacher behaviors and student achievement.

 

Studi yang dilakukan oleh Jane Stallings dan kawan-kawan mengilustrasikan pentingnya waktu-berada di dalam tugas (Stallings & Kaskowitz, 1974). Penelitian ini juga memberikan kontribusi empiris untuk penggunaan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar di mana guru menggunakan cukup banyak pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk mengajar. Beberapa guru menggunakan metode formal dan sangat terstruktur, sementara guru-guru yang lain menggunakan lebih banyak metode-metode informal yang berkaitan dengan waktu-pergerakan kelas yang terbuka.  Stallings dan kolega-koleganya ingin mengetahui variasi pendekatan-pendekatan mana yang bekerja paling baik untuk meningkatkan hasil perolehan belajar siswa. Tingkah laku guru di 166 kelas diobservasi, dan siswa-siswa mereka kemudian dites untuk perolehan hasil belajar mereka pada mata pelajaran matematika dan membaca. Meskin banyak penemuan dihasilkan dari penelitian besar dan kompleks ini, dua yang paling dikenal dan bertahan lama yaitu penemuan tentang alokasi waktu untuk tugas-tugas tertentu telah menunjukkan hubungan yang amat besar dengan perolehan akademik  dan bahwa guru yang menggunakan strategi pengajaran mirip seperti model pembelajaran langsung lebih sukses dalam memperoleh waktu siswa efektif untuk terlibat dalam belajar dibanding guru-guru yang menggunkan metode yang lebih informal atau metode yang berpusat pada siswa.

 

The study by Jane Stallings and her associates illustrated the importantance of time-on-task (Stallings & Kaskowitz, 1974). This study also contributed empirical support for the use of direct instruction. Remember that this study investigated elementary classrooms where teachers were using quite difference approaches to instruction. Some teachers used highly structural and formal methods, while others used more informal teaching methods associated with the open classroom movement of the time. Stalling and her colleagues wanted to find out which of the various approaches were working best in raising student achievement. The  behaviors of teachers in 166 classrooms were observed, and their students were tested for achievement gain in mathematics and reading. Although many findings emerged from this large and complex study, two of the most pronounced and long-lasting were the findings that time allocated and used for specific tasks was strongly related to academic achievement and that teachers who were businesslike and used teacher directed (direct instruction) strategies were more successful in obataining high engagement rates than those who used more informal and student-centered teaching methods.

 

Mengikuti kerja terdahulu ini, kemudian ratusan penelitian dilakukan antara tahun 1975 dan 1990 dan menghasilkan hasil-hasil yang sama secara esensial, disebutkan bahwa guru-guru yang mengorganisasikan dengan baik kelasnya pada pengalaman belajar yang terstruktur menghasilkan lebih waktu yang lebih tinggi untuk waktu siswa berada dalam tugas dan demikian pula untuk perolehan hasil belajar siswanya dibanding guru yang lebih sedikit menggunakan pendekatan-pendekatan langsung.

 

Following this early work, literally hundreds of studies conducted between 1975 and 1990 produced essentially the same results, namely that teachers who had well-organized classrooms in which structured learning experiences prevailed produced higher student time-on-task ratios and higher student achievement than teachers who used more informal and less teacher-directed approaches.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: