Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Demokrasi Dengan Membentuk Dynamic Group Pada Siswa Kelas Viid Smp Negeri 1 Pare Tahun Pelajaran 2005/2006

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Demokrasi Dengan Membentuk Dynamic Group Pada Siswa Kelas Viid Smp Negeri 1 Pare Tahun Pelajaran 2005/2006

 

Oleh: Dra Wiwik Suharti

 

Abstrak

 

Pada saat proses belajar mengajar berlangsung, seorang guru tidaklah mudah menciptakan kondisi yang kondusif bagi semua siswa. Ada siswa yang proaktif, ada siswa yang tidak banyak bicara (pendiam) tetapi memiliki kemampuan akademik di atas temannya, dan terdapat pula siswa yang banyak bicara tetapi meiliki kemampuan rendah. Bahkan, ada siswa dengan kemampuan akademik menengah-ke bawah merasa tertekan sebab materi pelajaran IPA Fisika sarat dengan teori, konsep, rumus-rumus, dan praktikum yang rumit bahkan sulit dipahami. Untuk itu, melalui penelitian ini dirumuskan suatu masalah: Bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar IPA Fisika melalui pembelajaran berbasis demokrasi dengan membentuk dynamic group pada siswa kelas VIID di SMPN 1 Pare. Tujuan penelitian adalah: (1) meningkatkan keaktifan, daya kreativitas, dan ide-ide serta inspirasi siswa dalam pembelajaran IPA Fisika; (2) mengembangkan pembentukan atmosfir kelas yang lebih nyaman dan pembelajaran menjadi tidak menjenuhkan; (3) menghargai perbedaan gaya belajar siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal; dan tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) menggunakan hasil penelitian sebagai variasi model pembelajaran; (2) melatih berpikir bagi siswa; (3) menumbuhkan rasa percaya diri bagi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIID SMPN 1 Pare Jawa Timur pada tahun pelajaran 2005/2006 dengan jumlah siswa 44 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 24 perempuan. Menggunakan 2 siklus dengan instrumen penyajian problem, catatan lapangan, instrumen pembelajaran berbasis demokrasi dengan membentuk dynamic group, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ternyata terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA Fisika. Dengan demikian, melalui pembelajaran berbasis demokrasi dengan membentuk dynamic group, dapat dijadikan variasi model pembelajaran di kelas.

 

Model pembelajaran dynamic group ada di http://pembelajaranguru.wordpress.com

Lihat makalah lengkapnya di http://fromlearningtoteaching.blogspot.com

 

Kaca Kunci: aktivitas belajar, pembelajaran berbasis demokrasi, dynamic group.

Kata kunci untuk post ini: aktivitas belajar, proses belajar mengajar, guru, siswa, penelitian tindakan kelas, IPA Fisika, model pembelajaran, pembelajaran berbasis demokrasi, dynamic group

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: